Rabu, 03 Agustus 2011

rpp pai sman 1 sukodono



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1
                                                                              
Nama Sekolah

SMA NEGERI 1 SUKODONO
Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam
Kelas/ Semester

XI/ I
Pertemuan ke

Pertama
Waktu

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

13. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan.
Kompetensi Dasar

13.1. Membaca  QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32
Materi Ajar/ pokok

Bacaan QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32
Indikator

13.1.1 Membaca dengan baik dan benar Al Baqarah: 148
13.1.2 Membaca dengan baik dan benar QS Fatir: 32
13.1.3 Mengidentifikasi tajwid dalam Al Baqarah: 148
13.1.4 Mengidentifikasi tajwid dalam QS Fatir: 32
Metode Pembelajaran

ceramah ,tanya jawab, diskusi
Model Pembelajaran

Langsung dan kooperatif learning

Tujuan pembelajaran
:
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1.             Membaca dengan baik dan benar Al Baqarah: 148
2.             Membaca dengan baik dan benar QS Fatir: 32
3.             Mengidentifikasi tajwid dalam Al Baqarah: 148
4.             Mengidentifikasi tajwid dalam QS Fatir: 32
Langkah-langkah

a.    Pendahuluan
1)            Guru mengucapkan salam(religius)
2)            Guru dan peserta didik membuka pembelajaran dengan do’a(religius)
3)            Menghafal surat pendek (suka membaca)     
4)            Guru mengabsen peserta didik(disiplin)
5)            Peserta didik menjawab 3 pertanyaan guru tentang materi sebelumnya(tanggung jawab)
6)            Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.(disiplin)
b.    Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1)            Peserta didik mencari dan mempersiapkan materi(Kreatif)
ELABORASI
2)            Peserta didik mendengarkan contoh bacaan QS Al Baqarah :148 dan QS Fatir :32 dan menirukannya yang diulang 3 kali.(kreatif, suka mambaca)
3)            Peserta didik berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang ditetapkan guru untuk membaca QS Al Baqarah :148 dan QS Fatir :32 di bawah arahan tim ahli ( fase 1 dan 2 ).(suka disiplin)
4)            Tim ahli memberikan tes baca Al Qur’an pada anggota kelompoknya dan hasilnya diserahkan pada guru.(tanggung jawab)
5)            Kelompok asal mengidentifikasi tajwid sesuai dengan tugas yang diberikan guru (fase 3)(kreatif)
6)            Hasil diskusi kelompok dibawa tim ahli pada diskusi tim ahli di bawah arahan guru. (fase 4)(tanggung jawab)
7)            Tim ahli menyampaikan hasil diskusi pada kelompoknya. (fase 5)(tanggung jawab)

KONFIRMASI
8)            Tim ahli melakukan tagihan kuis dimana hasilnya diserahkan pada guru. (fase 6) (tanggung jawab)
c.     Penutup
  1. Peserta didik mendengarkan rangkuman materi / mereview materi yang disampaikan guru. 
  2. Guru memberikan tugas untuk persiapan materi berikutnya.
  3. Peserta didik dan guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa.
Penilaian

a.    Tes lisan ( terlampir )
b.    Tes tertulis ( terlampir )
Bahan/Sumber belajar

o   INDONESIA. Departemen Agama (1996)  Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang; Taha Putra
o   Syamsuri (2007 ). Pendidikan Agama Islam untuk SMA Kelas XI. Jakarta ; Erlangga



LEMBAR PENILAIAN

I. Tes Tertulis                                                                                                                                     Nilai : ……..
No
Butir-butir Soal
Kunci jawaban
1.
Sebutkan bacaan tajwid bab nun sukun atau tanwin  yang terdapat dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32
- ikhfa’ haqiqi
- Idgham bi ghunnah

II. Tes Perbuatan : membaca
9e@ä3Ï9ur îpygô_Ír uqèd $pkŽÏj9uqãB ( (#qà)Î7tFó$$sù ÏNºuŽöyø9$# 4 tûøïr& $tB (#qçRqä3s? ÏNù'tƒ ãNä3Î ª!$# $·èŠÏJy_ 4 ¨bÎ) ©!$# 4n?tã Èe@ä. &äóÓx« ֍ƒÏs% ÇÊÍÑÈ  
§NèO $uZøOu÷rr& |=»tGÅ3ø9$# tûïÏ%©!$# $uZøŠxÿsÜô¹$# ô`ÏB $tRÏŠ$t7Ïã ( óOßg÷YÏJsù ÒOÏ9$sß ¾ÏmÅ¡øÿuZÏj9 Nåk÷]ÏBur ÓÅÁtFø)B öNåk÷]ÏBur 7,Î$y ÏNºuŽöyø9$$Î ÈbøŒÎ*Î «!$# 4 šÏ9ºsŒ uqèd ã@ôÒxÿø9$# 玍Î7x6ø9$# ÇÌËÈ  
No
Nama Siswa
Kemampuan membaca
1
2
3
4
5
1






2






3






4






dst







Keterangan :                                                                                                                                      Skor Tes Perbuatan
1. membaca lancar dan benar                                                                                                     =  80-90 = A
2. membaca lancar kurang baik                                                                                                  =  70-79 = B
3. membaca terbata-bata                                                                                                             =  60-69 = C
4. membaca terbata-bata dengan bantuan guru                                                                                =  50-59 = D
5. tidak dapat membaca                                                                                                                                =  kurang dari 50 = E



Mengetahui                                                                 
Kepala Sekolah                                                                                 Guru Mata Pelajaran
SMA Negeri 1 Sukodono




TRI HARTANTO,S.Pd,M.Pd                                       MUH. KHUZAINI,S.Ag
Nip.197210191998021003                                                              Nip. 197207132009931002
                                               

                                               



                         


















                              RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                              
Nama Sekolah

SMA / SMK
Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam
Kelas/ Semester

XI/ I
Pertemuan ke

Kedua
Waktu

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

13.Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan.
Kompetensi Dasar

13.2 Menjelaskan arti QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir 32
Materi Ajar/ pokok

Arti QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32
Indikator

13.2.1      mengartikan masing-masing kata dalam QS Al Baqarah: 148
13.2.2      mengartikan masing-masing kata dalam QS Fatir: 32
13.2.3      mengartikan ayat dalam QS Al Baqarah: 148
13.2.4      mengartikan ayat dalam QS Fatir: 32
13.2.5      menjelaskan kandungan isi QS Al Baqarah: 148
13.2.6      menjelaskan kandungan isi QS Fatir: 32
Metode Pembelajaran

ceramah ,tanya jawab, diskusi
Model Pembelajaran

Langsung

Tujuan pembelajaran
:
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1.             mengartikan masing-masing kata dalam QS Al Baqarah: 148
2.             mengartikan masing-masing kata dalam QS Fatir: 32
3.             mengartikan ayat dalam QS Al Baqarah: 148
4.             mengartikan ayat dalam QS Fatir: 32
5.             menjelaskan kandungan isi QS Al Baqarah: 148
6.             menjelaskan kandungan isi QS Fatir: 32
Langkah-langkah

a.       Pendahuluan
1)      Menghafal surat pendek(religius)
2)      Peserta didik menjawab 3 pertanyaan guru tentang materi sebelumnya(tanggung jawab)
3)      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
4)      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang cakupan materi pada pertemuan ini.


b.      Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1)      Siswa mencari dan mempersiapkan materi(kreatif)

ELABORASI
2)      Guru menjelaskan arti harfiyah perkata dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32(kreatif)
3)      Siswa melafalkan arti harfiyah perkata dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32 bersama-sama ( secara klasikal ) 3 kali.(suka membaca)
4)      Siswa mengartikan perkalimat  QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32 (gemar membaca)
5)      Siswa menyimpulkan kandungan isi dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32(kreatif)

KONFIRMASI
6)      Guru menselaraskan persepsi siswa

c.       Penutup
1)      Peserta didik mendengarkan rangkuman materi / mereview materi yang disampaikan guru.(tanggung jawab)
2)      Guru memberikan tugas untuk persiapan materi berikutnya.
3)      Peserta didik dan guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa.(religius)
Penilaian

a.       Tes lisan ( terlampir )
b.      Tes tertulis ( terlampir )
Bahan/Sumber belajar

o   INDONESIA. Departemen Agama (1996)  Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang; Taha Putra
o   Syamsuri (2007 ). Pendidikan Agama Islam untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga







LEMBAR PENILAIAN
I. Tes Tertulis                                                                                                                                     Nilai : ……..
No
Butir-butir Soal
Kunci jawaban
1.
2)   Artikan secara harfiyah kata yang bergaris bawah pada QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32
9e@ä3Ï9ur îpygô_Ír uqèd $pkŽÏj9uqãB
 ( (#qà)Î7tFó$$sù ÏNºuŽöyø9$#
4 tûøïr& $tB (#qçRqä3s? ÏNù'tƒ ãNä3Î ª!$# $·èŠÏJy_ 4
¨bÎ) ©!$# 4n?tã Èe@ä. &äóÓx« ֍ƒÏs% ÇÊÍÑÈ
§NèO $uZøOu÷rr& |=»tGÅ3ø9$# tûïÏ%©!$# $uZøŠxÿsÜô¹$# ô`ÏB $tRÏŠ$t7Ïã
( óOßg÷YÏJsù ÒOÏ9$sß ¾ÏmÅ¡øÿuZÏj9
 Nåk÷]ÏBur ÓÅÁtFø)B
 öNåk÷]ÏBur 7,Î$y ÏNºuŽöyø9$$Î ÈbøŒÎ*Î «!$#
4 šÏ9ºsŒ uqèd ã@ôÒxÿø9$# 玍Î7x6ø9$# ÇÌËÈ    
- dan bagi tiap-tiap umat ada kiblat sendiri-sendiri
- menghadap kepadaNya.
- Maka berlomba-lombalah dalam kebaikan.
- Dimana saja kamu berada.
- Semuanya.
- Sesungguhnya Alloh berkuasa atas segala sesuatu.
- Orang yang kami pilih dari hamba kami
- Menganiaya diri sendiri.
- Di pertengahan
- Lebih dahulu berbuat kebaikan
- Karunia yang besar.
Mengetahui                                                                 
Kepala Sekolah                                                                                 Guru Mata Pelajaran
SMA Negeri 1 Sukodono




TRI HARTANTO,S.Pd,M.Pd                                       MUH. KHUZAINI,S.Ag
Nip.197210191998021003                                                              Nip. 197207132009931002

                                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah

SMA / SMK
Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam
Kelas/ Semester

XI/ I
Pertemuan ke

Ketiga
Waktu

2 X 45 menit
Standar Kompetensi

13. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan.
Kompetensi Dasar

13.3. Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32
Materi Ajar/ pokok

Contoh perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32
Indikator

13.3.1           menunjukkan contoh perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148
13.3.2           menunjukkan contoh perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148
13.3.3           melakukan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148
13.3.4           melakukan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam  QS Fatir: 32
Metode Pembelajaran

ceramah ,tanya jawab, diskusi
Model Pembelajaran

Langsung

Tujuan pembelajaran
:
Setelah pembelajaran ini peserta didik :
1.             menunjukkan contoh perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148
2.             menunjukkan contoh perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148
3.             melakukan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148
4.             melakukan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam  QS Fatir: 32
Langkah-langkah

a.       Pendahuluan
1)            Menghafal surat pendek(religius)
2)            Peserta didik menjawab 3 pertanyaan guru tentang materi sebelumnya(tanggung jawab)
3)            Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.(disiplin)
4)            Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang cakupan materi pada pertemuan ini.(disiplin)
b.      Kegiatan Inti

EKPLORASI
1)        Siswa mencari dan mempersiapkan materi(kreatif)

ELABORASI
2)        Siswa mendiskusikan  contoh perilaku yang mencerminkan  berlomba-lomba dalam kebaikan sesuai   QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32(tanggung jawab)
3)        Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang contoh  perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32(tanggung jawab)

KONFIRMASI
4)        Guru menselaraskan persepsi siswa
c.       Kegiatan Akhir
  1. Peserta didik mendengarkan rangkuman materi / mereview materi yang disampaikan guru.(disiplin)
  2. Guru memberikan tugas untuk persiapan materi berikutnya.
  3. Peserta didik dan guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa.(religius)
Penilaian

a.       Tes tertulis ( terlampir )
b.      Pengamatan
Bahan/Sumber belajar

o   INDONESIA. Departemen Agama (1996)  Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang; Taha Putra
o   Syamsuri (2007 ). Pendidikan Agama Islam untuk SMA Kelas XI. Jakarta ; Erlangga




LEMBAR PENILAIAN
I. Tes Tertulis                                                                                                                                     Nilai : ……..
No
Butir-butir Soal
Kunci jawaban
1.
a.         Sebutkan contoh perilaku berkompetisi dalam kebaikan sebagaimana terkandung dalam  QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32

Belajar dengan tekun,rajin ibadah,infaq,shodaqoh, sabar,jujur,tanggung jawab.dsb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar